Tuesday, December 22, 2020

Exception Handling

EXCEPTION HANDLING

 Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada minggu ini, saya mendapat materi tentang exception handling


DEFINISI

Exception handling merupakan fasilitas di java yang memberikan flexibilitas kepada developer untuk menangkap bug atau kesalahan yang terjadi ketika program berjalan.

Ada 5 keyword penting dalam java dalam hal exception handling :

1.Try
    Keyword ini biasanya digunakan dalam suatu block program. keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. Keyword ini juga harus dipasangkan dengan keyword catch atau keyword finally yang akan dibahas pada point kedua dan ketiga.

2.Catch
    Dalam java, keyword catch harus dipasangkan dengan try. Kegunaan keyword ini adalah menangkap kesalahan atau bug yang terjadi dalam block try. Setelah menangkap kesalahan yang terjadi maka developer dapat melakukan hal apapun pada block catch sesuai keinginan developer.

3.Finally
    Keyword ini merupakan keyword yang menunjukan bahwa block program tersebut akan selalu dieksekusi meskipun adanya kesalahan yang muncul atau pun tidak ada.

4.Throw
    Keyword ini digunakan untuk melemparkan suatu bug yang dibuat secara manual.

5.Throws
    Keyword throws digunakan dalam suatu method atau kelas yang mungkin menghasilkan suatu kesalahan sehingga perlu ditangkap errornya. 


Pada contoh program yang saya gunakan ini, saya membuat program sederhana untuk mengerjakan perhitungan luas bangun segitiga dengan java. Source code handling exception pada program ini apabila kita menginput panjang atau tinggi yang kurang dari 0.


Source Code


Output



Sekian Postingan kali ini, sampai jumpa di kesempatan berikutnya :))

Terima Kasih.


No comments:

Post a Comment

TUGAS 1 PEMROGRAMAN WEB - PEMBUATAN WEBSITE PROFIL DIRI

nama    : aristya vika Kelas    : pweb - b NRP        : 05111940000233 Tugas pemograman website kali ini ialah membuat portofolio diri Isi...